Background

Cerpen Konyol ( absurd )


INGUSAN TAPI MIMISAN . .

“srottt . . .srottt . . .srottt” begitulah bunyi ingus yang tersedak.
Si Umbel adalah bocah 7 tahun yang sejak kecil mengidap penyakit sinus sitis atau semacam penyakit pilek kental yang debitnya berlebihan. Setiap pagi ia harus susah payah menjinakkan ingusnya. Pagi yang dingin mendukung ingusnya untuk berjalan naik turun didalam lubang hidungnya. Si Umbel tak bisa lari begitu saja dari kenyataan pahitnya. Sampai ke negeri dongeng pun ia tetap harus bergulat dengan ingus saktinya itu.
Papa dan emak si Umbel sudah melakukan seribu cara untuk bisa menyembuhkan si Umbel tapi tetap saja ingusnya selalu bersikeras dan tak ingin pisah dengan si Umbel.

          Suatu hari si Umbel berdoa ditengah malam , “Tuhan, apa penyakitku ini kutukan ?. Aku percaya rencana-Mu itu indah, tapi saat ini beri aku terang, beri aku kekuatan Tuhan. Kau yang berfirman sendiri bahwa tidak ada yang mustahil didalam-Mu. Aku hanya bisa memohon sembuhkan aku Tuhan, ampunilah dosaku,keluargaku, saudaraku, teman-temanku dan semuanya. Amin” surat doanya sambil meneteskan air mata kucing.
        Selain itu ,ia juga menaruh harapan besar pada dokter spesialis ingusnya. Dua tahun ia berobat, tapi penyakitnya bertambah parah. Obat racikan dokter layaknya angin sepoi-sepoi yang melayang begitu saja. Obatnya hanya mampu mengurangi saja,tak mampuu menyembuhkan total. Namun, jika ia telat meneguknya ingus si Umbel akan semakin merajalela dan bertambah mimisan.
          Hampir semua dokter ingus pernah ia kunjungi, mulai dari gelar Drs. sampai dengan Alm. Tapi ingusnya tak kunjung sirna. Gelar yang cukup besar sebagai ahli ingus tak kuasa menahan ingus si Umbel agar tidak main prosotan lagi didalam lubang hidungnya. Sesekali ia bermain dan melewati batas kadaluarsanya, ingusnya akan keluar deras dari lubang hidung bagian kiri, sedangkan yang bagian kanan keluar darah seperti orang mimisan. Semua orang akan berpikir bagaimana nikmatnya bila air ingus yang begitu kental jatuh bercucuran dan tercampur darah merah segar.
          Si Umbel mencari solusi untuk menghambat ingusnya yang tak hentinya mengalir ke tempat yang lebih rendah. Tapi setelah ia mencari di Mbah Gugel yang tinggal di dalam goa dimana goa nya itu terbuat dari kaleng dan sempak mamel bekas, ternyata ingus si Umbel adalah mukjizat yang luar biasa. Dan filosofinya, semua orang tak tahu sebenarnya cairan itu sangat sehat bagi tubuh manusia maupun hewan. Ingus kental yang dicampur darah mimis segar itu akan menjadi minyak nabati. Para ahli gizi di ujung Suriname pernah berkata “cairan iki sehat, iki ana khasiate. Lan cairan iki ngandung vitamin BH36C” .
         
          Di sisi lain, orang tuanya tak mampu membiayai sekolahnya karena hartanya habis hanya demi mengendap ingus si Umbel. Tiba-tiba jam dinding berputar dua kali lebih kencang dari sebelumnya dan dengan cerdiknya si Umbel mempunyai ide bahwa ia ingin membuka usaha untuk membantu orang tuanya yaitu membuka sarana pengobatan. Satu info lagi , menurut buku ‘Seribu Vitamin Ingus Kental’ , campuran ingus dan darah dapat menyembuhkan penyakit epilepsi, phobia, dan anyang-anyangan. Pada akhirnya ia membuat pil tablet yang berisikan dari racikan ingus kental dan darah-darah segarnya itu. Banyak orang yang berkata bahwa obat si Umbel manjur. Sampai sekarang si Umbel mempunyai seribu agen di pelosok dunia nyata maupun dunia gaib. Singkat cerita , ia bersyukur akan keadaannya karena dengan penyakitnya yang unik nan sakti itu ia bisa menjadi orang yang berdolar-dolar.

-        Amanat :  bersyukurlah dalam segala hal apapun keadaan kita,keluarga kita, atau saudara kita. Sebab selalu ada satu pintu terbuka dari seribu pintu tertutup. Dan bersyukur itu sendiri bukan kehendak kita manusia, tapi itu kehendak Tuhan.

Categories: Share

Leave a Reply